-->

Contoh Skripsi Perubahan Gaya Hidup Sosial Masyarakat Desa Akibat Globalisasi

Latar Belakang Masalah

Perubahan bisa terjadi setiap saat, dan merupakan proses yang dinamik serta tidak dapat dielakkan. Berubah berarti beranjak dari keaadaan yang semula tanpa berubah tidak ada pertumbuhan dan tidak ada dorongan. Namun dengan berubah terjadi ketakutan, kebingungan dan kegagalan dan juga kegembiraan. Merubah orang lain bisa bersifat implisit atau bersifat tertutup dan terbuka.

Disisi lain yang dominan dalam perubahan itu sendiri, tidak boleh di pungkiri karena adanya penemuan baru (invention), pertumbuhan penduduk dan kebudayaan (cultural). Aspirasi seorang individu atau kelompok dalam melaksanakan perubahan sangat dipengaruhi oleh inovasi dan adaptasi dari setiap teknologi yang baru muncul, atau terlihat ditengah-tengah masyarakat, baik teknologi yang berasal dari dalam (intern) maupun luar (ekstren) negeri.
Contoh Skripsi Perubahan Gaya Hidup Sosial Masyarakat Desa Akibat Globalisasi
Fenomena ini menggambarkan bahwa betapa canggihnya teknologi sekarang ini terlihat sehingga pada akhirnya perubahan yang di akibatkan oleh globalisasi dan budaya (globalisasi cultural) terjadi dimana-mana sampai kepelosok dunia, dampak globalisasi ini sangat berpengaruh terhadap nilai-nilai budaya seperti yang terjadi didesa-desa terpencil seperti gampoeng  Liceh yang masyarakatnya tergolong masyarakat yang masih awam atau masyarakat tradisional.

Oleh Karena itulah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi tanda dunia sudah memasuki era globalisasi, Negara Indonesia misalnya, yang juga sudah terkena dampak dari pengaruh globalisasi. Sebagian besar masyarakat di Indonesia beranggapan bahwa era globalisasi adalah suatu perubahan yang positif yang mengarah kearah kemajuan yang lebih efektif untuk rakyat Indonesia, namun sebagian masyarakat lainnya sangat mengkhawatirkan globalisasi ini akan menimbulkan perubahan-perubahan yang berdampak negatif dalam perkembanagan ekonomi, politik dan budaya di Indonesia.

Globalisasi dapat memicu masyarakat tradisional menjadi masyarakat yang modern, masyarakat cenderung akan mengikuti budaya modern untuk menyesuaikan diri dengan arus perkembangan zaman. Karna dunia global menyediakan berbagai teknologi-teknologi canggih yang sangat efisien, Seperti perubahan-perubahan yang terjadi digampoeng Liceh.

Gaya hidup masyarakat gampoeng Liceh sekarang ini sudah jauh berbeda, baik dari segi interaksi, pergaulan, maupun berbicara, seperti contohnya gaya hidup masyarakat gampoeng yang sekarang sudah mengikuti gaya hidup yang modern, gaya hidup yang dimaksudkan yaitu perubahan gaya hidup seperti pola pikir yang lebih maju, baik terhadap pendidikan maupun terhadap tingkah laku, penampilan dan juga gaya berbicara yang sudah mengikuti gaya hidup yang modern, perubahan tersebut tidak akan terjadi tanpa adanya sebab dan akibat, untuk mengetahui kebenarannya maka dari itulah penulis ingin melakukan penelitian tentang “Perubahan Gaya Hidup Sosial Masyarakat Gampoeng Akibat Globalisasi” studi kasus Gampoeng Liceh Kecamatan Bubon Kabupaten Aceh Barat.

Adapun alasan memilih judul ini yaitu ingin meneliti perubahan gaya hidup sosial masyarakat gampoeng Liceh sejauh mana masyarakat sudah mengikuti gaya hidup diera globalisasi saat ini, dan apakah dampak terhadap perubahan tersebut di kalangan masyarakat gampoeng Liceh.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan maka dapat diidentifikasikan Permasalahan yaitu:
Bagaimana perubahan gaya hidup sosial masyarakat gampoeng Liceh akibat globalisasi. ?
Bagaimana dampak perubahan gaya hidup sosial masyarakat Gampoeng Liceh  akibat globalisasi. ?

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah:
  • Untuk mengetahui sejauh mana perubahan gaya hidup masyarakat Gampoeng Liceh yang diakibatkan oleh globalisasi.
  • Untuk mengetahui dampak apa saja yang ditimbulkan oleh perubahan gaya hidup akibat globalisasi tersebut.

Manfaat Penelitian

Manfaat Teoritis

Manfaat teoritis dalam penulisan skripsi ini adalah menerapkan teori yang ada dalam mengkaji satu fenomena dimasyarakat, selain itu juga merupakan bentuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teori yang telah ada.

Menambah wawasan keilmuan dalam kajian sosiologi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar.

Sistematika Pembahasan

BAB I : PENDAHULUAN

Dalam bab ini penulis membahas tentang latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tinjauan penelitian, manfaat penelitian, dan sistematika pembahasan.

BAB II: TINJAUAN PUSTAKA

Merupakan bagian yang menguraikan teori-teori yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.

BAB III: METODE PENELITIAN

Pada bab ini peneliti akan menjelaskan mengenai sumber data dan teknik pengumpulan data, teknik penentuan data, jadwal penelitian data, instrumen data, teknik analisa data.

BAB IV: HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil yang dimaksud disini ialah hasil dari penelitian yang akan dibahas pada bab ini berupa gambaran umum lokasi penelitian, kondisi geografis tempat penelitian, deskripsi Gampoeng Liceh, pembahasan dari hasil penelitian.

BAB V:   KESIMPULAN DAN SARAN

Merupakan BAB yang membahas mengenai kesimpulan dari hasilpenelitian secara keseluruhan dan berisi saran-saran untuk ke depan.

Selengkapnya Download disini

2 komentar

trimaksih contoh skripsinya bos

Asalamualaikum..
Contoh bab 4 tentang perubahahan gaya hidup akibat globalisasi ada gak

Berkomentarlah dengan sopan!
EmoticonEmoticon