-->

Contoh Penyusunan Skripsi Bab 4 dan Bab 5

Baiklah kawan-kawan kita lanjutkan dari pembahasan Artikel yang lalu tentang Cara Mudah Dalam Menyusun Skripsi.

Dimana dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas dari BAB I sampai dengan BAB III, sekarang Kita akan membahas BAB 4 dan BAB 5.
Contoh Penyusunan Skripsi Bab 4 dan Bab 5
BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.

Mungkin ini agak rumit sedikit tapi tidak masalah karena kita punya pebimbing yang akan memandu hasil data yang kita olah. Hasil penelitian adalah bagian yang menyajikan hasil dari penelitian dalam bentuk data. Selain dengan uraian, data penelitian dapat juga disajikan sebagai ilustrasi (gambar, foto, diagram, grafik, tabel, dll.).

Dalam menyajikan tabel atau grafik, hendaknya tabel dan grafik tersebut berupa self explanatory. Artinya, semua keterangan harus ada pada tabel dan grafik tersebut sehingga pembaca dapat memahaminya tanpa harus mengacu ke teks/naskah.

Yang dimaksud dengan pembahasan bukanlah mengulang data yang ditampilkan dalam bentuk uraian kalimat, melainkan berupa arti (meaning) data yang diperoleh. Pembahasan berarti membandingkan hasil yang diperoleh dengan data pengetahuan (hasil riset orang lain) yang sudah dipublikasikan, kemudian menjelaskan implikasi data yang diperoleh bagi ilmu pengetahuan atau pemanfaatannya.

Temuan atau informasi yang diperoleh dapat dikaitkan dengan tujuan penelitian (impikasi hasil penelitian) atau dibandingkan dengan hasil penelitian orang lain yang telah dipublikasikan, sebagaimana diuraikan dalam bagian tinjauan pustaka.

Dalam pembahasan ini sebaiknya diutarakan pula kelemahan dan keterbatasan penelitian. Kesalahan umum dalam membahas hasil penelitian adalah menyajikan data hasil penelitian sekaligus sebagai tabel dan grafik.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan

Kesimpulan merupakan kristalisasi hasil analisis dan intepretasi. Kesimpulan ini harus terlebih dahulu dibahas dalam bagian Pembahasan sehingga apa yang dikemukakan dalam bagian Simpulan tidak merupakan pernyataan yang muncul secara tiba-tiba.

Cara penulisan/pembahasan dirumuskan dalam bentuk pernyataan secara ketat dan padat sehingga tidak menimbulkan penafsiran lain. Informasi yang disampaikan dalam kesimpulan bisa berupa pendapat baru, koreksi atas pendapat lama, pengukuhan pendapat lama, atau menumbangkan pendapat lama sebagai jawaban atas tujuan.

Saran

Saran tidak merupakan pernyataan yang muncul tiba-tiba akan tetapi merupakan kelanjutan dari simpulan, sering berupa anjuran yang dapat menyangkut aspek operasional, kebijakan, ataupun konseptual. Saran hendaknya bersifat konkret, realistis, bernilai keilmuan dan/atau praktis, serta terarah (disebut saran tindak).

Bukan sampai disini saja, dalam penulisan Skripsi atau Tesis, terdapat beberapa lampiran yang harus dilampirkan, yang biasa diletakkan setelah Daftar Pusaka. Mulai dari Lampiran UU (jika ada), Foto Dokumentasi Penelitian, Surat Penelitian, Pedoman Wawancara dan Riwayat Hidup.

Note : Pada bagian lampiran ini terkadang sedikit berbeda, disesuai dengan Jurusan masing-masing.

Berkomentarlah dengan sopan!
EmoticonEmoticon