-->

Tips Biar Cepat Selesai Skripsi

Mungkin postingan kali ini hampir sama dengan sebelumnya, tapi saya tidak pernah bosan-bosan berbagi dengan kawan-kawan semua. Skripsi-Tesis atau apa saja namanya memang dianggap menjadi suatu yang menakutkan bagi mahasiswa, karena merupakan prasyarat akhir sebelum wisuda.

Sebenarnya kalau dicermati hal tersebut adalah mudah saja, hanya kita sudah menganggapnya sesuatu hal yang sulit untuk diselesaikan.
Tips Biar Cepat Selesai Skripsi
Nah berikut akan dijelaskan langkah-langkah mudah bagaimana menyelesaikan TA-Skripsi-Tesis yang sebenarnya jika kita mau sedikit santai akan terasa mudah bahkan akan dapat mengembangkan wawasan kawan-kawan apa arti penelitian lebih luas jika kawan-kawan menikmatinya, langkah-langkah dan segala sesuatu hal yang diperlukan akan saya jelaskan sebagai berikut:

JANGAN TERLALU IDEALIS DAN PERFEKSIONIS

Banyak mahasiswa yang ingin penelitiannya lain daripada yang lain dengan memaksakan idenya atau ingin skripsinya sempurna, hehehe mungkin ingin dianggap hebat dan lebih baik dari pada yang lainnya wajar kok.

Tapi biasanya mereka yang demikian ini cenderung kesulitan pada akhirnya dan menjadikan penelitiannya malah gak selesai. Jadi intinya biasa aja ambil aja topik atau kajian yang umum dan ringan-ringan aja, intinya kawan-kawan memahami apa yang akan kawan-kawan teliti, percuma kan kawan-kawan meneliti tetapi kawan-kawan tidak tau arah penelitian kawan-kawan nantinya.

Karena pada intinya yang namanya Ta-Skripsi-Thesis itu cuman pembelajaran untuk mempelajari fenomena yang terjadi ketika kawan-kawan telah terjun ke lapangan, menjumpai temuan atau permasalahan dan menemukan cara menyelesaikannya.

Kalau toh tetep ngeyel pengen menuangkan ide yang pikiran kawan-kawan sendiri nantinya juga ga masalah kan, karena pada tahap awal kawan-kawan sudah belajar melakukan penelitian yang mudah, sehingga tau bagaimana membuat suatu penelitian yang lebih baik. Hehe intinya setelah belajar yang mudah nanti yang sulitpun kawan-kawan akan tetap bisa.

MENGAMBIL KAJIAN YANG SEDERHANA

Ambil judul yang umum, jangan takut judul pasaran, yang penting kawan-kawan menguasai latar belakang dan permasalahan dosen pasti akan berpikir dua kali untuk gak acc judul kawan-kawan. Contoh ringan ambil aja judul yang ada di Judul Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat Terbaru, atau juga bisa mengambil judul sesuai dengan prodi jurusan kawan-kawan semuanya tersedia di Blog Pustaka Nanggroe.

Ambil judul sembarang sesuai dengan kajian kawan-kawan, kemudian pelajari proposal atau bab 1- 3 yang dikirimkan mulai pendahuluan. Cara mempelajari yang baik adalah dengan rileks dan santai umpamakan aja kawan-kawan sedang membaca buku, novel atau komik kesukaan kawan-kawan.

Jadi ketika kawan-kawan membaca buku, novel atau komik kesukaan kawan-kawan ketika ditanya jalan cerita kawan-kawan bisa menjelaskannya dengan mudah karena kawan-kawan rilek dan menyukai, nah kenapa membaca skripsi tidak seperti itu hehehehe kan ntar kalau ditanya tentang skripsi yang kawan-kawan tulis kawan-kawan pasti bisa menjelaskannya, nggak perlu belajar lagi kan.

Klo kawan-kawan ambil topik yang sulit meski kawan-kawan tertarik kadang masih kesulitan memahami dan sulit juga dalam mencari teori, belum lagi lagi pasti banyak revisi yang bikin pusing dijamin dech ga bakal cepet kelar tuch penelitian.

Menjalin Komunikasi Dengan Pembimbing (Dosen)

Sebenarnya klo mau jujur ga ada dosen pembimbing yang mempersulit mahasiswa bimbingannya, yang ada hanya mahasiswa yang merasa dipersulit, kenapa? Penyebab utamanya biasanya adalah kita kurang menguasai bahan atau topik penelitian kita, sehingga ketika ditanya mahasiswa dianggap kurang bisa menjelaskan.

Tentunya dosen menganggap hal ini akan mempersulit mahasiswa nantinya dalam mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya, nah akhirnya dosen memberikan saran atau revisi agar lebih mudah..hehehe. Tapi uniknya karena kebanyakan mahasiswa hanya ya…pak, ya…bu akhirnya mereka merasa kesulitan sendiri, karena kebanyakan juga mereka ngga ngerti apa yang dimaksudkan dosen pembimbing, nah disini mahasiswa merasa dipersulit. (Lagian klo di logika mana ada dosen yang suka mahasiswanya bimbingan ga selesai2 mending kan cepet selesai trus ngerjain yang lain ya kan).

Jangan Pernah Takut Rumus Atau Angka

Kalau yang ini khusus buat mahasiswa ekonomi dan fisip aja kali, hehehe soalnya jarang jg penelitian hukum pake rumus. Artinya ketika akan menentukan judul sebenarnya lebih mudah yang pake metode kuantitatif daripada kualitatif.

Soalnya dengan kuantitatif peneliti atau mahasiswa sudah punya hasil analisis dalam bentuk angka yang sudah dihasilkan dari hasil penelitiannya nah tinggal menjelaskan aja kan, klo kualitatif wah kita harus kawan-kawani2 mengarang, soalnya pertanyaan bisa lebih bermacam-macam atau untuk lebih jelas kawan-kawan bisa lihat di pengertian Metode Penelitian Kuantatif dan Kualitatif.

Contohnya begini: Contoh Skripsi Perubahan Gaya Hidup Sosial Masyarakat Desa Akibat Globalisasi dari judul itu paling kita hanya menjelaskan seberapa besar aja pengaruh Globalisasi terhadap gaya hidup masyarakat.

Dan hasil seberapa besar itu dah ada di hasil analisis kita, kita juga hanya menjelaskan ada pengaruh apa tidak yang hasil dan kriteria ada atau tidaknya sudah ada di skripsi kita. Klo judulnya kualitatif seperti “Pelaksanaan promosi terhadap penjualan PT X” wah permasalahannya bisa ribet kita harus paham benar pelaksanaan promosi yang baik, kurangnya dimana, kita harus ngapain hehe dan berbagai macam pertanyaan yang lainnya.

Masalah rumus santai aja, kenapa kita ngga pernah takut ketika kita tau kalau rumus luas adalah panjang x lebar, atau rumus segitiga setengah alas x tinggi, nah kenapa kita sekarang takut klo rumus mencari pengaruh adalah dengan menggunakan regresi y = a + bx (rumus regresi sederhana), rumus cari hubungan adalah korelasi, atau berbagai macam rumus lainnya, Nah sebenarnya kan sudah bisa dijelaskan klo rumus ya rumus ga mungkin kita disuruh menjelaskan kenapa rumus luas itu panjang x lebar ia kan.

Gampangnya rumus itu kaya alat ngolah data aja supaya tau hasilnya, dapat kita terjemahkan umpamanya ada ikan dan kita ingin ikan masak, maka untuk menggoreng ya pake penggorengan, untuk merebus ya pake panci, untuk membakar ikan tersebut ya harus pake panggangan, tidak mungkin kita merebus dengan minyak goreng dan penggorengan, tidak mungkin kita ingin ikan bakar tapi kita masukkan ikan tersebut kedalam air mendidih, sama seperti alat masak tadi, rumus juga alat kenapa takut atau bisa saja kawan-kawan lihat Metode Riset Skripsi dan Tesis Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS

PAHAMI TAHAP PENYUSUNAN PENELITIAN

Biar penelitian cepat selesai sebenarnya kita hanya perlu belajar tentang tahapan penyusunan aja mulai pendahuluan sampai kesimpulan, memang lain lain kampus lain pula cara atau format penulisannya tapi pada intinya sama. Adapun tahapan yang umum dari penulisan ta-skripsi-thesis adalah sebagai berikut:

Dari Bab 1 samapai 5 kesimpulan cukup kawan-kawan baca di Cara Mudah Dalam Penyusunan Tugas Akhir dan Contoh Penyusunan Skripsi Bab 4 dan Bab 5.

JANGAN MELIHAT HASIL TEMAN

Jangan pernah membandingkan hasil penelitian kawan-kawan dengan hasil teman kawan-kawan, yang ada kawan-kawan hanya akan bingung karena belum tentu metode teman sama dengan punya kawan-kawan, yang penting kawan-kawan belajar dan yakin aja punya kawan-kawan yang terbaik.

PERHATIKAN WAKTU BIMBINGAN

Sekiler apapun pembimbing menurut kawan-kawan tapi kalau kawan-kawan memilih waktu yang tepat pasti kawan-kawan akan dibimbing dengan benar, artinya kita juga harus memperhatikan saat akan bimbingan dosen lagi sibuk apa nyantai, nah misalnya dengan menanyakan apakah dosen pembimbing ada waktu, soalnya kalau mereka pas lagi sibuk2nya ya jangan salah kan kalau dibaca sekilas ya mending kalau di acc tapi kalau dicoret2 dan kita ngga sempat diskusi payah kan.

JANGAN TAKUT DEADLINE

Ini biasanya penyakit mahasiswa yang takut ketika teman selesai dan adanya deadline dari kampus, ini malah bikin konsentrasi kawan-kawan buyar dan skripsi malah bisa ga selesai atau bisa selesai tapi biasanya ga maksimal, klo ada dealine dari kampus pastikan sendiri kebenarannya dan kawan-kawan tetap tenang aja, soalnya belajar dari pengalaman jarang kampus yang kegiatannya sesuai kalender akademik Doain aja molor.

JANGAN PERNAH MEMPREDIKSI PERTANYAAN WAKTU SIDANG

Sudah bukan rahasia umum lagi saat akan mendekati sidang kawan-kawan pasti berpikir besok ditanya apa ya? Apa lagi tanya teman yang sudah ujian dulu wah jangan itu bikin pikiran, mending mulai sekarang saya ajari memprediksi secara tepat bahwa yang akan ditanya waktu ujian ya bab pendahuluan sampai kesimpulan ya kan…. Nah makanya konsentrasi aja belajar biar ilang rasa takut besok ditanya apa.

Berkomentarlah dengan sopan!
EmoticonEmoticon